Pengertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op

blogger templates
1.  Pengertian pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op
Co-op Co-op merupakan model pembelajaran kooperatif yang berorientasi pada tugas pembelajaran dan peserta didik mengendalikan apa dan bagaimana mempelajari bahan yang ditugaskan kepada mereka. Metode ini menempatkan tim dalam koperasi antara satu dengan lainnya untuk mempelajari sebuah topik di kelas. Co-op Co-op memberi kesempatan pada peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok
kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka dan dunia, dan selanjutnya memberikan mereka kesempatan untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman-teman sekelasnya (Slavin, 2009:214).
2.  Langkah- Langkah Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Co-op Co-op
a.       Pada awal memulai pembelajaran Co-op Co-op, guru mendorong peserta didik untuk menemukan dan mengekspresikan ketertarikan peserta didik terhadap subjek yang akan dipelajari.
b.      Guru mengatur peserta didik ke dalam kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 orang.
c.       Guru membiarkan peserta didik memilih topik untuk kelompok mereka.
d.      Tiap kelompok membagi topiknya untuk membuat pembagian tugas di antara anggota kelompok. Anggota kelompok didorong untuk saling berbagi referensi dan bahan pelajaran. Tiap topik kecil harus memberikan kontribusi yang unik bagi usaha kelompok.
e.       Setelah para peserta didik membagi topik kelompok mereka menjadi kelompok-kelompok kecil, mereka akan bekerja secara individual. Mereka akan bertanggung jawab terhadap topik kecil masing-masing karena keberhasilan kelompok bergantung pada mereka. Persiapan topik kecil dapat dilakukan dengan mengumpulkan referensi-referensi terkait.
f.       Setelah peserta didik menyelesaikan kerja individual mereka, mereka mempresentasikan topik kecil mereka kepada teman satu kelompoknya.
g.      Para peserta didik didorong untuk memadukan semua topik kecil dalam presentasi kelompok.
h.      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya pada topik kelompok. Semua anggota kelompok bertanggung jawab terhadap presentasi kelompok.
i.        Evaluasi, evaluasi dilakukan pada tiga tingkatan, yaitu pada saat presentasi kelompok dievaluasi oleh kelas, kontribusi individual terhadap kelompok dievaluasi oleh teman satu kelompok, presentasi kelompok dievaluasi oleh semua peserta didik (Slavin, 2009:229).
3. Kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op
a.       Siswa dapat mengkonstruki pengetahuan sendiri.
b.      Berfikir kompleks ketika menganaisis materinya.
c.      Memberikan kesempatan berdiskusi dan bekerjasama dengan teman sekelas (Slavin, 2009:230).
4.  Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op
a.       Membutuhkan banyak waktu untuk persiapan materi kecil, berdiskusi, dan mempresenasikan hasil diskusi kelompok sehingga dibutuhkan pengetahuan waktu yang lebih efektif, dan efisien.

b.      Dapat diterapkan pada materi yang berjenjeng, artinya dalam satu materi atau topik, sub topik tidak menjadi syarat untuk sub topik lainnya (Slavin, 2009:230).

0 Response to "Pengertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op"

Posting Komentar