Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)

blogger templates
1. Pengertian Pendekatan SAVI
Pendekatan SAVI diperkenalkan pertama kali oleh Dave Meier. Meier (2009:92) mengatakan, “Manusia memiliki empat dimensi yakni: tubuh atau somatis (S), pendengaran atau auditori (A), penglihatan atau visual (V), dan pemikiran atau intelektual (I). Bertolak dari pandangan ini, ia mengajukan model pembelajaran aktif yang disingkat SAVI yaitu somatis yang bermakna belajar dengan berbuat; auditori yang bermakna belajar dengan berbicara dan mendengarkan; visual yang bermakna belajar dengan mengamati dan menggambarkan; serta intelektual yang bermakna belajar dengan berpikir dan merenung. Dengan demikian, belajar bisa terjadi secara optimal jika keempat unsur SAVI ada dalam proses pembelajaran, yaitu menggabungkan gerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua inderanya.
Suyatno (2009:65) mengatakan, “Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki oleh siswa”. Dari pengertian ini, jelas bahwa pendekatan SAVI merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggabungkan gerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua inderanya dalam proses pembelajaran. Hal ini sangat penting agar peserta didik mempunyai pemahaman bahwa yang mereka pelajari berguna bagi kehidupan.
SAVI dalam pembelajaran memunculkan sebuah konsep belajar yang disebut Belajar Berdasar Aktivitas (BBA). Belajar berdasar aktivitas berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar, dengan memanfaatkan indera sebanyak mungkin, dan membuat seluruh tubuh dan pikiran terlibat dalam proses belajar. Pelatihan konvensional cenderung membuat orang tidak aktif secara fisik dalam jangka waktu yang lama. Terjadilah kelumpuhan otak dan belajar pun melambat atau bahkan berhenti sama sekali. Mengajak orang untuk bergerak secara berkala akan meningkatkan kerja otak dan dapat berpengaruh positif pada peningkatan hasil belajar (Hamruni, 2008:167).
2. Karakteristik Pendekatan SAVI
a.    Somatic
Somatic berasal dari bahasa yunani yang berarti tubuh. Jika dikaitkan dengan belajar maka dapat diartikan belajar dengan bergerak atau berbuat (hands-on). Siswa belajar dengan cara mengalami dan melakukan suatu hal. Sehingga pembelajaran somatic adalah pembelajaran yang memanfaatkan dan melibatkan tubuh (indera peraba, kinestetik, melibatkan fisik) (Rusman, 2012:373).
b.    Audiotori
Audiotori merupakan belajar berbicara dan mendengar. Ketika kita berbicara beberapa area otak kita akan menjadi aktif. Hal ini dapat diartikan dalam pembelajaran siswa hendaknya mengajak siswa lain untuk membicarakan yang mereka pelajari, menerjemahkan pengalaman dengan suara. Mengajak siswa berbicara memecahkan masalah, membuat model, mengumpulkan informasi, membuat rencana kerja, menguasai keterampilan, membuat tinjauan pengalaman belajar, dan menciptakan makna pribadi bagi diri mereka sendiri (Meier, 2009:93).
c.    Visual
Visual berarti belajar dengan menggunakan indera pengelihatan dengan cara mengamati dan menggambarkan. Pada otak kita terdapat lebih banyak perangkat untuk memproses informasi visual dari pada semua indera yang lain. Siswa yang menggunakan visualnya lebih mudah belajar jika dapat melihat apa yang sedang dibicarakan seseorang penceramah (Rusman, 2012:374).
d.    Intelektual
Intelektual berarti belajar dengan menggunakan kemampuan berfikir (minds-on) yakni dengan cara memecahkan masalah dan merenung atau belajar dengan memecahkan masalah dan mencerminkan. Tindakan pembelajar yang menggunakan kecerdasan dan pikiran mereka secara internal untuk merenungkan suatu pengalaman dan menciptakan hubungan, makna, dan nilai dari pengalaman. Hal ini diperkuat dengan makna intelektual adalah bagian diri yang merenung, mencipta, dan memecahkan masalah (Meier, 2009:95).
3. Prinsip Dasar Pendekatan SAVI
a.         Pembelajaran melibatkan seluruh pikiran dan tubuh.
b.        Pembelajaran berarti berkreasi bukan mengkonsumsi.
c.         Kerjasama membantu proses pembelajaran.
d.        Pembelejaran berlangsung pada banyak tingkatan.
e.         Belajar adalah mengerjakan pekerjaan itu sendiri dengan umpan balik.
f.          Emosi positif sangat membantu pembelajaran.
g.        Otak kita dapat menyerap informasi secara langsung dan otomatis (Suyatno, 2007:33).
4. Tahap-tahap Pendekatan SAVI
a.         Persiapan
Tujuan tahap persiapan adalah menimbulkan minat para pembelajar, memberi mereka perasaan positif menganai pengalaman belajar yang akan datang, dan menempatkan mereka dalam situasi optimal untuk belajar.
b.        Penyampaian
Tujuan tahap ini adalah membantu pembelajar menemukan materi belajar yang baru dengan cara yang menarik, menyenangkan, relevan, melibatkan pancaindera, dan cocok untuk semua gaya belajar.
c.         Pelatihan
Tujuan tahap ini adalah membantu pembelajar mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai cara.
d.        Penampilan Hasil
Tujuan tahap ini adalah membantu pembelajar menerapkan dan memperluas pengetahuan atau keterampilan baru mereka pada pekerjaan, sehingga hasil belajar akan melekat dan terus meningkat (Rusman, 2012:373-374).
5. Langkah-langkah Pendekatan SAVI
a.         Mengelompokkan siswa dalam kelompok beranggotakan empat orang.
b.        Semua siswa mempunyai alat peraga, yaitu sebuah gambar sel saraf.
c.         Meminta siswa memperagakan konsep yang dipelajari sambil mengucapkan secara terperinci langkah-langkahnya (somatik dan auditori).
d.        Setiap kelompok diberi soal-soal yang telah disiapkan oleh guru.
e.         Setiap siswa diminta mendiskusikan tentang soal-soal yang diberikan perkelompok.
f.          Selama diskusi berlangsung guru mengamati kerja setiap kelompok secara bergantian dan mengarahkan atau membantu siswa yang kesulitan.
g.        Pada akhir kerja kelompok, setiap kelompok diminta perwakilan untuk mengerjakan soal-soal yang telah diberikan di papan tulis. Sedangkan siswa yang lain menanggapinya (somatik, auditori, visual dan intelektual) (Bobbi, 2007:83).
6.  Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan SAVI
a.         Kelebihan Pendekatan SAVI
   a)       Membangkitkan kecerdasan terpadu siswa secara penuh melalui penggabungan gerak fisik dengan aktivitas intelektual.  
   b)      Siswa tidak mudah lupa karena siswa membangun sendiri pengetahuan yang dimilikinya.
  c)      Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena siswa merasa diperhatikan sehingga siswa tidak cepat bosan untuk belajar.
  d)      Memupuk kerjasama karena siswa yang lebih pandai diharapkan dapat membantu yang kurang pandai.
   e)      Memunculkan suasana belajar yang lebih baik, menarik dan efektif.
   f)       Mampu membangkitkan kreatifitas dan meningkatkan kemampuan psikomotor siswa.
   g)      Memaksimalkan ketajaman konsentrasi siswa.
   h)      Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar lebih baik.
  i)        Melatih siswa untuk terbiasa berpikir dan mengemukakan pendapat dan berani menjelaskan jawabannya.
    j)       Merupakan variasi yang cocok untuk semua gaya belajar (Meier, 2009:91-92).
b.        Kekurangan Pendekatan SAVI
   a)      Pendekatan ini menuntut adanya guru yang sempurna sehingga dapat   memadukan keempat komponen dalam SAVI secara utuh.

    b)      Penerapan pendekatan ini membutuhkan kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran yang menyeluruh dan disesuaikan dengan kebutuhannya, sehingga memerlukan biaya pendidikan yang sangat besar. Terutama untuk pengadaan media pembelajaran yang canggih dan menarik. Ini dapat terpenuhi pada sekolah-sekolah maju (Meier, 2009:99).

0 Response to "Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)"

Posting Komentar