Pengertian, Langkah-langkah, Kekurangan dan Kelebihan Model Pemebalajaran Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition)

blogger templates
1. Pengertian Model Pemebalajaran Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition)

Pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition) adalah sebuah program komprehensif atau luas dan lengkap untuk pengajaran membaca dan menulis. Dalam model pembelajaran CIRC, siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen, yang terdiri atas 4 atau 5 siswa. Dalam kelompok ini tidak dibedakan atas jenis kelamin, suku/bangsa, atau tingkat kecerdasan siswa. Jadi, dalam kelompok ini sebaiknya ada siswa yang pandai, sedang atau lemah, dan masing-masing siswa merasa cocok satu sama lain (Slavin, 2008:202).
2.  Langkah-Langkah CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)
  1.    Siswa dibentuk kelompok dengan anggota 4 sampai 5 orang secara heterogen.
  2.   Guru memberikan wacana atau kliping yang sesuai dengan pembelajaran.
  3.  Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan jawaban atau ide pokok dari permasalahan yang tersedia kemudian memberikan tanggapan terhadap wacana atau kliping tersebut dan di tulis di selembar kertas.
  4. Siswa mempresentasikan atau membacakan hasil kelompok.
  5. Guru memberikan penguatan.
  6. Guru dan siswa membuat kesimpulan secara bersama-sama.
  7.  Penutup (Suprijono, 2009:130).

3. Kelebihan dan Kelemahan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)

  •  Kelebihan CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)

a.         Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat memberikan tanggapannya secara bebas.
b.         Siswa dilatih untuk dapat bekerjasama dan menghargai pendapat orang lain.
c.         CIRC amat tepat untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah.
d.        Dominasi guru dalam pembelajaran berkurang.
e.         Siswa termotivasi pada hasil secara teliti, karena bekerja dalam kelompok.
f.          Para siswa dapat memahami makna soal dan saling mengecek pekerjaannya.
g.         Membantu siswa yang lemah.
h.         Meningkatkan hasil belajar khususnya dalam menyelesaikan soal yang berbentuk pemecahan masalah.
i.           Pengalaman dan kegiatan belajar anak didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
j.           Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi anak didik sehingga hasil belajar anak didik akan dapat bertahan lebih lama.
k.         Membangkitkan motivasi belajar, memperluas wawasan dan aspirasi guru dalam proses pembelajaran (Suprijono, 2009:131).
  •  Kekurangan Cooperative Integrated Reading And Composition

a.         Pada saat dilakukan persentasi terjadi kecenderungan hanya siswa pintar yang secara aktif tampil menyampaikan dan gagasan.

b.         Siswa yang pasif akan merasa bosan sebagai tanggung jawab bersama (Suprijono, 2009:132).

0 Response to "Pengertian, Langkah-langkah, Kekurangan dan Kelebihan Model Pemebalajaran Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition)"

Posting Komentar